Sabtu, 07 Januari 2012

Use Broadcast Message with Smart Marketing

perkembangan tekhnologi mendorong percepatan perputaran informasi berimbas tajam terhadap dunia bisnis terutama dibidang pemasaran.
Seperti yang telah dipahami bahwa pemasaran memberikan nilai lebih terhadap sebuah produk ditambah lagi adanya pergeseran fungsi bisnis yang semula hanya bagaimana sebuah perusahaan mampu mejual produknya saat ini pemasaran menjadi bagaimana sebuah produk dapat menjadi jembatan yang menguntungkan bagi perusahaan untuk berhubungan jangka panjang dengan konsumen dan melahirkan loyalitas pelanggan yang tinggi sebab biaya untuk mencari konsumen baru lebih mahal dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan yang telah loyal.
Berbagai media dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran dimulai dari media yang bersifat masal sampai media yang sifatnya pribadi.Kini marketing yang hanya mengandalkan billboard,pamflet,atau iklan televisi dianggap kurang memberikan pengaruh yang besar terhadap penjualan sebuah produk sebab menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap sebuah iklan.Word of mouth dianggap salah satu media yang paling efekif dan efesien dalam melakukan marketing.
kemunculan smartphone menjadikan marketing semakin mudah,dan menyebabkan menjamurnya bisnis-bisnis yang memanfaatkan kemudahan dari smartphone dan internet.Marketing melalui sebuah aplikasi di smartphone yang kita sebut sebagai Broadcast Mesaage memang mudah dan tidak memerlukan biaya yang cukup besar namun penggunaan dari aplikasi ini harus disertai dengan strategi yang cerdas.
Ini pengalaman pribadi saya,seorang teman lama saya memiliki onlineshop dengan berbagai varian produk yang terkadang saya bingung apa sebenernya produk yang dia jual,ya itu hak dia dalam mecari peluang bisnis yang menguntungkan.Dia membuat sebuah group BBM sebagai media dia dalam melakukan marketing namun sepertinya media group tersebut tidak dia manfaatkan dengan baik dan cenderung vacum.Setiap dia memiliki 1 barang baru dia ganti display picture dan status ya itu memang tidak menganggu masih dalam batas wajar yang menjadi tidak wajar adalah ketika dia menggunakan fasilitas BM untuk kegiatan marketingnya dan dia tidak tau waktu dan melakukannya dengan frekuensi yang sangat banyak dalam waktu yang berdekatan dan itu mulai menganggu.
Broadcast Message adalah sebuah fasilitas BBM yang memudahkan para penggunanya untuk menyebarkan sebuat informasi darurat tanpa harus mengirimkan satu persatu pesan kepada orang-orang yang kita kehendaki dan fasilitas ini memang baik jika digunakan untuk marketing sebuah produk namun ini akan jadi boomerang bagi keberlangsungan sebuah online shop ketika sebuah onlineshop melakukan annoying marketing.
Mengirimkan BM lebih dari 10 kali dalam sehari adalah perbuatan yang sangat tidak disarankan dalam marketing.Mengapa?sebab ini sangat menganggu orang-orang yang kita kirimi BM tersebut.BM sifatnya pribadi dan personal.Tidak semua orang dalam contact BBM mu mau tau dengan produkmu,tidak semua orang dalam contact BBM mu butuh informasi yang ingin kamu sampaikan tentang produkmu walaupun mereka dapat menjadi konsumen potensialmu.
MARKETING IS ART SO STOP YOUR ANNOYING PROMOTION WITH BROADCAST MESSAGE
ya pemasaran itu adalah seni,semua harus memakai cara yang tepat agar dapat tepat sasaran berikut ini beberapa saran saya untuk penggunaan broadcast message untuk marketing
1. Buatlah kata-kata semenarik mungkin yang memungkinkan orang mau membaca message yang dikirimkan
2. Aturlah waktu dalam mengirimkan message jangan sampai mengirim message pada jam-jam orang sedang sibuk dengan kegiatannya
3.Jangan mengirimkan BM lebih dari 3 dalam sehari,orang akan muak dengan BM yang terus menerus dikirimkan berujung delete contact dan Anda akan kehilangan konsumen potensial Anda
4. Manfaatkanlah group dalam BBM karena group itu bersifat menggundang jadi jika seseorang yang anda invite dan menerima undangan anda untuk bergabung dengan group itu artinya dia bersedia mendapatkan berbagai informasi yang anda share didalam group
5.Walaupun Anda menggunakan group jangan sampai apa yang anda informasikan keluar dari maksud Anda yang ingin me-marketingkan produk anda dan tetap tau waktu dan tau kebutuhan sasaran Anda.

saya memang bukan ahli marketing saya hanya seorang yang sedang belajar mendalami marketing dan salah seorang yang merasa terganggu dengan BM berlebihan dari sebuah produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar