Selasa, 01 Januari 2013

CHANGE!



            Perubahan itu terjadi dalam setiap kehidupan makhluk hidup,hal tersebut dikemukakan oleh Rhenald Khasali,Ph.D pada bukunya yang berjudul Change. Saya sependapat dengan pernyataan tersebut.Perubahan merupakan hal yang alami yang pasti terjadi dalam kehidupan makhluk hidup bahkan perubahan tersebut menandakan adanya sebuah kehidupan.Manusia adalah makhluk hidup oleh sebab itu manusia melakukan perubahan,selain itu pula manusia dapat menjadi “agent of change”.
            Perubahan memberikan harapan,menurut saya hal tersebut memang benar adanya sebab dengan perubahan harapan dapat kembali dibangun.Perubahan berarti mencoba dengan mecoba maka harapan baru itu muncul.Dengan perubahan kita mendapatkan 2 kemungkinan pada hasil akhir namun tanpa perubahan kita telah tau jawaban pastinya ialah GAGAL.
            Namun ternyata melalui perubahan pula tidak semuanya berbuah positif jika perubahan itu dilakukan tanpa pemikiran panjang dan beberapa kendala yang dihadapi.Didalam buku dijelaskan bahwa ada beberapa alasan kenapa sebuah perubahan itu menjadi gagal,alasan tersebut adalah
Kepemimpinan yang tidak cukup kuat
Kepemimpinan ternyata berpengaruh sangat besar pada perubahan sebab kepemimpinan itu yang menentukan dalam pengambilan keputusan terutama keputusan strategis.Jika kepemimpinan lemah maka sebuah perubahan akan gagal.
Salah Melihat Reformasi
Reformasi adalah sebuah perubahan suatu sistem yang telah ada,yang menjadikan reformasi ini menjadi salah adalah ketika sebuah organisasi melakukan reformasi pada sistemnya tanpa melakukan reformasi pada manusia sebagai “agent of change” maka perubahan tersebut tidak akan berhasil.

Sabotase ditengah jalan
Biasanya perubahan itu dilakukan dengan arahan seorang pimpinan namun tidak semua dapat menerima perubahan tersebut maka ada beberapa pihak yang melakukan sabotase karena merasa akan dirugikan dengan perubahan tersebut.Sabotase ini yang akan menggagalkan harapan dengan perubahan.
Komunikasi yang tidak begitu bagus
Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam sebuah organisasi. Sebuah perubahan itu akan berjalan baik jika dikomunikasikan dengan baik pula.
Masyarakat tidak cukup mendukung
Perubahan itu akan terjadi dengan baik jika mendapat dukungan dari dalam dan dari luar.Ternyata masyarakat disinipun sangat berperan untuk perubahan.Tanpa dukungan tersebut maka perubahan tidak akan berjalan dengan baik.
Proses “Buy In” tidak berjalan
Perubahan itu harus terjadi pada setiap komponen didalam organisasi,jika perubahan hanya terjadi pada satu aspek dan aspek lainnya tidak mendukung maka perubahan itu tidak akan berhasil.
Perubahan akan berhasil pada orang-orang yang mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut bahkan bagi orang yang kuat sekalipun jika tidak mampu beradaptasi dengan perubahan maka tidak akan berhasil dalam perubahan.Perusahaan-perusahaan yang bertahan adalah perusahaan-perusahaan yang mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan terutama perubahan yang sangat pesat dari tekhnologi.Menurut saya adaptif itu adalah bagaimana menyikapi masa sekarang dengan belajar dari kesalahan masa lalu dan melihat kedepan apa yang sebenernya dibutuhkan untuk masa yang akan datang. 
Perusahaan dan makhluk hidup itu pada dasarnya sama saja dalam perubahan,mengalami pasang surut kejayaan,masa kritis atau didalam buku digambarkan sebagai kurva S.Bahkan bagi perusahaan besar yang sampai sekarang masih berjaya pun tidak terlepas dari masa kritis namun kenapa mereka mampu bertahan dan sampai sekarang tetap berjaya.Mereka beradaptasi dengan perubahan dan selalu melakukan inovasi agar mampu bertahan,namun tidak semua perusahaan yang berjaya mampu bertahan untuk contoh supermarket terbesar di Bandung pada saat itu “Hero” akhirnya tidak lagi terdengar gaungnya karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan dan cenderung kaku.
            Perubahan itu tidak saja berlaku bagi manusia dan perusahaan bahkan bagi sebuah bangsa pun perubahan itu terjadi bahkan sebuah negara pun sama melewati kurva S tersebut. Seperti contoh Indonesia,bagaimana berjayanya Indonesia dimasa lalu yang pada akhirnya Indonesia harus merintis kembali dan memanfaatkan puing-puing kejayaannya di masa lalu untuk kehidupan sekarang yang mungkin akan kembali merasakan kejayaan.
            Indonesia merupakan negara yang berawal dari berbagai kerajaan besar yang sangat berkuasa pada zamannya namun tidak dapat dipungkiri bahwa kerajaan-kerajaan tersebut pun mengalami kurva S.Beberapa kerajaan mampu bertahan lama karena memang adaptif terhadap perubahan tidak hanya kuat saja namun pada akhirnya tetap saja hancur karena tidak semua aspek mampu menerima perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar